Posted: 8 May 2011 in bahasa

Analisis Struktur Informasi Latar-Baru pada Wacana Putra Khadafi Dikabarkan Tewas dalam Harian Seputar Indonesia1

 Tresiana Sari Diah Utami2

1.      Pendahuluan

Hal yang dapat membedakan wacana atau bukan, teks lengkap dan tidak lengkap adalah adanya kesatuan, baik struktur maupun teksturnya. Istilah struktur dan tekstur dapat dipahami sebagai kohesi dan koherensi. Elemen-elemen struktur wacana antara lain (menurut Van Dijk), Tematik (apa yang dikatakan), Skematik (bagaimana pendapat disusun dan dirangkai), Semantik (makna yang ingin ditekankan), sintaksis (bagaimana pendapat disampaikan), stilistika (pilihan kata apa yang dipakai), dan retoris (bagaimana dan dengan cara apa penekanan dilakukan.

Melalui berbagai karyanya, Van Dijk (dikutip Eriyanto, 2001:227-229; Sobur, 2001:73-84) mencetuskan kerangka analisis wacana yang terdiri atas tiga struktur utama yaitu : struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro (macro structure, superstructure, and micro structure) (http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/4%20i%20wyn%20mulyawan%20edited-revision.pdf.).

Struktur makro menunjuk pada makna keseluruhan (global meaning) yang dapat dicermati dari tema atau topik yang diangkat oleh suatu wacana. Superstruktur menunjuk pada kerangka suatu wacana atau skematika, seperti kelaziman percakapan atau tulisan yang dimulai dari pendahuluan, dilanjutkan dengan isi pokok, diikuti oleh kesimpulan, dan diakhiri dengan penutup. Bagian mana yang didahulukan, serta bagian mana yang dikemudiankan, akan diatur demi kepentingan pembuat wacana. Struktur mikro menunjuk pada makna setempat (local meaning) suatu wacana. Ini dapat digali dari aspek semantik, sintaksis, stilistika, dan retorika. Aspek semantik suatu wacana mencakup latar, rincian, maksud, pengandaian, serta nominalisasi. (http://www.scribd.com/doc/40515927/wacana).

Pada tingkatan superstruktur, misalnya seorang penulis ataupun pembicara dalam menyampaikan pesannya kepada pendengar atau pembaca akan memikirkan cara dan bentuk yang dianggapnya paling tepat agar komunikasi dapat berlangsung secara efektif. Seorang penutur akan memilih metode yang dianggap paling sesuai dalam menyampaikam imformasi atau gagasan yang ada di dalam benaknya kepada lawan bicara sehigga komunikasi tidak mengalami kendala. Ia memilih informasi-informasi apa saja yang akan disampaikan. Baik di awal, di tengah, dan di akhir sehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh.

Selain itu, penulis atau penutur juga memiliki pilihan yang dapat menjadi dasar dalam memilih atau menyajikan informasi yang ingin disampaikan dengan urutan tertentu berdasarkan pendangannya sendiri dalam unit-unit terkecil yang merupakan bagian dari teks atau wacana secara keseluruhan hal ini terkait dengan bagaimana informasi-informasi dirumuskan dengan kata-kata, frase, klausa, atau kalimat-kalimat yang saling berkaitan.

Oleh karena itu, makalah ini akan berusaha menjelaskan bagaimana informasi-informasi itu dibentuk dalam suatu struktur informasi oleh penutur atau penulis dalam judul struktur informasi : Latar dan Baru. Kemudian penulis mencoba memperlihatkan analisis struktur informasi dari teks wacana yang dapat penulis lakukan.

 

2.      Struktur Informasi : Latar dan Baru

Struktur informasi yang dimaksudkan dalam pembahasan ini berkaitan dengan cara bagaimana proposisi didisstribusikan dalam struktur sintaksis atau satuan-satuan informasi. Satuan informasi menurut Halliday sebagimana dikemukakan Brown dan Yule (1996:12) dapat dikategorikan menjadi dua status, informasi latar dan informasi baru. Informasi latar merupakan informasi yang dianggap telah diketahui oleh kawan bicara karena secara fisik ada dalam konteks atau karena sudah disebutkan dalam wacana. Sementara informasi baru merupakan informasi yang oleh penutur dianggap tidak atau belum diketahui oleh kawan bicara.

Akan tetapi, dari beberapa literatur yang penulis dapatkan, penjelasan tentang realisasai status informasi latar-baru ini masih sulit dipahami. Pertama–tama dikemukakan oleh Halliday (Brown dan Yule, 1996:154) bahwa satuan-satuan informasi direalisasikan dalam wicara sebagai kelompok-kelompok ton yang secara fonologis dapat ditentukan batas-batasnya. Kelompok-kelompok ton tersebut terdiri atas suku kata tonis yang merupakan bagian dari kelompok-kelompok ton yang mendapatkan  tekanan. Suku kata tonis ini disebut juga suku kata inti. Kata tonis yang mendapat tekanan inilah yang oleh Halliday dianggap berfungsi untuk memfokuskan informasi baru. Dicontohkan seorang anak perempuan yang berusia 4 tahun menceritakan dongeng peri yang sangat dikenalnya. Anak perempuan tersebut membagi ceritanya menjadi kelompok-kelompok ton a, b, c, d, dan e. Dalam setiap kelompok ton, anak perempuan tersebut memberikan tekanan pada salah satu unsur leksikal yang dianggap sebagai focus informasi baru (dicetak dengan huruf capital).

  1. //in /far away/LAND//
  2. //there/ lived a/bad naughty/FAIRy//
  3. //and a/handsome/PRINCE//
  4. //and a/lovely/PRINcess//
  5. //She was a/really/WICKed/fairy//

Dalam kelompok-kelompok ton a s.d. d, suku kata tonis terletak pada unsur leksikal yang terakhir. Pada kelompok ton e, suku kata tonis tidak terletak pada unsur leksikal yang terakhir (fairy) karena fairy sebagai unsur leksikal pada kelompok ton e dianggap sudah diketahui pada ko-teks sebelumnya, yaitu pada kelompok ton b.

Selanjutnya Brown dan Yule (1996:166) mengemukakan bahwa struktur informasi sebagian direalisasikan oleh sintaksis dan sebagian oleh system-sistem fonologis seperti penonjolan fonologis (intonasi) yang ada pada bahasa Inggris sebagaimana dicontohkan oleh Halliday di atas. Namun demikian, Brown dan Yule juga mengatakan bahwa bukan system fonologis atau sintaksisnya yang menentukan status informasi tersebut baru atau latar penutur. Penuturlah yang akan menentuka bahwa siuatu informasi dinilai baru atau latar lalu memberikan suku kata tonis atau menggunakan bentuk-bentuk ungkapan sintaksis tertentu.

Beberapa bentuk sintaksis yang biasanya mengungkapkan informasi latar dalam bahasa Inggris dicontohkan oleh Brown dan Yule (1996:168-169) berikut:

1)      Satuan-satuan leksikal yang disebutkan untuk kedua kalinya dengan ungkapan tentu (partikel the).

  1. Mary got some beer out of the car.
  2. The beer was warm.

2)      Satuan-satuan leksikal yang berada dalam bidang semantis satuan leksikal yang disebut sebelumnya.

  1. Robert found an old car.
  2. The steering wheel had broken off.

3)      Pronominal-pronominal yang digunakan secara anaforis sesudah bentuk leksikal penuh dalam kalimat terdahulu.

  1. What happened to the jewels?
  2. They were stolen by a customer

4) Pronominal-pronominal yang dipakai secara eksoforis yang di situ ada referen.

  1. Look out.
  2. It’s falling.

5)      Proverbal-proverbal

  1. William works in Manchester.
  2. So do I.

Pada masing-masing contoh di atas bagian dicetak miring pada huruf b merupakan informasi latar yang informasi tersebut sudah pernah disebutkan sebelumnya pada huruf a yang dicetak tebal sehingga sudah dianggap sudah diketahui oleh kawan/lawan bicara.

Dalam bahasa Indonesia Lubis (1993:82-83) memberikan contoh sebagai berikut.

1)      Saya melihat sepeda motor merah di parkiran. Motor itu masih baru.

2)      Kamu harus membawa semua alat tulismu. Pensil terutama.

3)   Ayah, ibu, dan anak itu sedang berwisata bersama. Mereka terlihat bahagia.

4)      Hal ini wajib mereka lakukan. Saling menghormati.

5)      Si A sedang membaca buku. Si B melakukan juga.

Penjelasan tentang struktur informasi juga pernah dikemukakan Cook. Menurutnya susunan atau pengurutan informasi dapat ditentukan berdasarkan anggapan tersebut, informasi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu informasi yang menurut perkiraan penutur sudah diketahui oleh kawan bicara atau given information dan informasi baru (new information) yang menurut perkiraan penutur belum diketahui oleh kawan bicaranya. Status baru atau given yang sudah diberikan dapat berubah dalam sebuah wacana, informasi baru dapat menjadi given information.  Perhatikan contoh berikut.

Given                           Putu Wijaya dilahirkan

New                             di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944.

Hampir semua seniman Indonesia mengetahui tentang keberadaan seniman yang bernama Putu Wijaya. Informasi tersebut dapat dijadikan sebagai given (latar). Begitu puladengan fakta bahwa Putu Wijaya dilahirkan dapat dikatakan sebagai given karena semua manusia juga dilahirkan. Di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944 merupakan informasi baru karena diperkirakan bahwa tidak semua mengetahui bahwa Putu Wijaya dilahirkan di Puri Anom, Tabanan, Bali pada tanggal 11 April 1944.

Lubis mengemukakan di dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan informasi lama dan informasi baru (old and new information). Menurut Lubis, yang menjadi informasi lama dan baru dalam bahasa Indonesia adalah subjek dan predikat secara semantic. Berikut ini beberapa contoh kalimat dalam bahasa Indonesia yang diberikan lubis. Bagian yang dicetak miring adalah subjek yang mengandung informasi lama.

1)      Saya membaca buku.

2)      Yang membaca buku saya.

3)      Buku saya baca.

4)      Di mana Kamu tinggal?

5)      Bagaimana bentuknya?

6)      Bacalah buku itu!

Berdasarkan beberapa contoh di atas, dapat dikatakan bahwa informasi lama dan baru dapat dianalisis dengan memperkirakan apakah unsur leksikal tertentu sudah disebutkan sebelumnya atau belum, baik secara fisik maupun secara kontekstual ada di dalam wacana, sehingga diduga sudah diketahui atau tidak oleh pendengar atau pembaca. Informasi diduga belum atau tidak diketahui disebut informasi baru, sedangkan informasi yang diperkirakan sudah diketahui disebut informasi lama atau latar.

Fungsi intonasi dalam penentuan informasi latar dan baru dalam bahasa Indonesia kemungkinan besar tidak dapat dilakukan karena belum adanya standar bakutentang letak tekanan atau informasi tersebut. Terkecuali menggunakan alat untuk mendeteksi tekanan nada dalam mengucapkan kata-kata yang berupa informasi latar atau baru. Walaupun sudah ada penelitian oleh beberepa ahli bahwa tekanan dalam bahasa Indonesia jatuh pada suuku kata penultima. Tekanan dalam bahasa Indonesia hanya memiliki fungsi kontrastif dan demarkatif yang berkaitan dengan penonjolan bagian tertentu (unsur penting) dari kalimat dan untuk memperlihatkan perasaan atau emosional (Dardjowidjojo, 1995:179—205).

Dengan demikian, penentuan struktur informasi lama dan baru ini bermanfaat juga untuk menetukan kekohesif dan kekoherensian sebuah wacana. Adanya hubungan yang kohesi dan koheren antara informasi latar dalam sebuah ujaran atau kalimat dengan informasi baru yang ada pada ujaran atau kalimat sebelumnya atau dengan konteks yang ada dalam wacana akan turut menentukan kekohesian dan kekoherenan wacana itu. 

 

3.      Analisis Informasi Latar Baru pada Wacana Putra Khadafi Dikabarkan Tewas pada Harian Seputar Indonesia

Kepercayaan masyarakat terhadap kepala pemerintah sudah sangat memprihatinkan. Hal tersebut dapat dilihat dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia. Presiden Mesir, Hosni Mobarak dan Presiden Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali telah mundur dari tahta kepemimpinan setelah mempertahankan kekuasaan berpuluh-puluh tahun. Pemerintahan Negara RI juga pernah merasakan seperti yang dirasakan oleh negara-negara tersebut. Namun, akibat peristiwa tersebut membuat Negara-negara yang melakukan hal yang sama terhadap kepala pemerintahan mereka. Negara yang sekarang sedang mengalami pemberontakan atau peperangan melawan kepala pemerintah mereka sendiri yaitu Negara Libya. Presiden Muammar Khadafi setelah 42 tahun memimpin Libya dirasa sudah tidak berkompeten dan cenderung otoriter terhadap jalannya pemerintahan. Khadafi melancarkan banyak aksi untuk mempertahankan tahtanya, dari membuat benteng untuk menyelamatkan rumahnya hingga menggunakan 300 bodyguard perempuan, yang merupakan perumpuan-perempuan yang sudah dilatih selama 3 tahun di akademik kemiliteran yang dibentuk khusus untuk perempuan-perempuan yag menjaganya.

Berikut ini, penulis mencoba melakukan analisis terhadap pengungkapan atau penggunaan proposisi yang mengandung informasi latar dan baru pada wacana Putra Khadafi Dikabarkan Tewas.

1)      Putra Khadafi dikabarkan tewas

2)      Salah satu putra Pemimpin Libya Muammar Khadafi, Khamis

3)      Kemarin dikabarkan tewas saat serangan udara di ibu kota Tripoli.

4)      Putra keenam Khadafi itu tewas saat seorang pilot Libya bunuh diri menabrakkan pesawatnya ke Kompleks Bab el-Aziziya yang juga kediaman Khadafi.

Pada teks di atas, data ke-1 yang merupakan judul berita, Putra khadafi merupakan informasi latar karena informasi mengenai Khadafi yang memiliki putra diperkirakan sudah diketahui dan didapatkan oleh pembaca. Baik dari beberapa pemberitaan sebelumnya, baik di media cetak ataupun di media elektronik. Sedangkan informasi bahwa dikabarkan tewas tidak atau belum diketahui sebelumnya oleh pembaca. Dengan demikian, informasi bahwa Putra Khadafi dikabarkan tewas merupakan informasi baru bagi pembaca.

Pada data ke-2, salah satu putra pemimpin Libya Muammar Khadafi, dideteksi merupakan informasi latar karena sudah dijelaskan atau disebutkan sebelumnya. Khamis yang merupakan nama putra Khadafi yang meninggal, dapat dikategorikan menjadi informasi baru. Hal ini dikarenakan karena pembaca belum mengetahui dengan jelas nama putra Khadafi yangtewas. Sudah diketahui bahwa Khadafi mempunyai 7 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Sehinggga Khamis, putra bungsu Khadafi dapat dikategorikan informasi baru.

Pada teks ke-3, Kemarin dikabarkan tewas saat serangan udara di ibu kota Tripoli, dapat dianalisis bahwa kemarin dan saat serangan udara dikategorikan informasi baru karena diprediksi pembaca belum mengetahui bahwa Putra Khadafi itu tewas kemarin, 15 Maret 2011. Saat serangan udara merupakan proposisi yeng mengandung informasi baru. Penulis berita juga menyisipkan proposisi tewas dan ibu kota Tripoli sudah diketahui oleh pembaca.

Pada data ke-4, mengandung informasi baru yaitu saat seorang pilot Libya bunuh diri menabrakkan pesawatnya ke Kompleks Bab el-Aziziya. Hal ini bias saja baru diketahui pembaca bahwa Khamis tewas karena pilot Libya bukan pilot Negara lain. Sudah banyak diketahui bahwa yang mendorong Khadafi bukan saja masyarakatnya tetapi beberapa Negara lain pun ikut mendukung, jadi tingkat mengecilkan kemungkinan pilot yang melakukan aksi bunuh diri adalah pilot Negara lain. begitu juga dengan tempat tujuan sasaran yang merupakan informasi baru bagi pembaca. Namun, penjelasan kediaman Khadafi merupakan informasi latar karena sudah dijelaskan dalam berita-berita sebelumnya.

Berikut ini disajikan data yang merupakan informasi-informasi latar dan baru yang disajikan di dalam wacana yang berjudul “Putra Khadafi Tewas” dari harian Seputar Indonesia.

5)      “Khamis tewas akibat luka bakar yang dialaminya setelah dibawa ke sebuah rumah sakit di Tripoli,” tulis laman Arabian Business News kemarin. Anak keenam Khadafi itu dilaporkan tewas pada Sabtu malam pekan lalu. Berita kematiannya baru diperoleh hari ini. Insiden bunuh diri terjadi pada Selasa, 15 Maret 2011. 

6)      Pilot pesawat itu menolak untuk menyerang warga sipil dan melakukan aksi bunuh diri dengan menyerang pasukan Khamis. Setelah penyerangan tersebut, Khamis yang mengalami luka bakar parah langsung dilarikan ke rumah sakit di Tripoli. Namun, upaya pertolongan gagal.

7)      Khamis menghembuskan nafas terakhirnya. Khamis diketahui jebolan Akademi Militer Tripoli dan Akademi Militer Frunze, Moskow, Rusia. Selama krisis berlangsung, Khamis diketahui sebagai panglima Brigade Ke-32 yang bertugas menggempur demonstran di Libya. Kesatuan beranggotakan 1.000 orang yang dinamakan Brigade Khamis inilah yang dianggap bertanggung jawab atas kematian puluhan warga sipil pada gempuran terhadap pemberontak di berbagai kota dinegara tersebut. 

8)      Sementara itu, serangan intensif yang dilakukan pasukan sekutu ke kediaman Khadafi di Tripoli juga belum berhasil melumpuhkan Khadafi. Hingga kemarin pemimpin yang mengendalikan tampuk kekuasaan Libya setelah menggulingkan Raja Idris melalui Revolusi Al Fatah pada 1969 itu dikabarkan masih selamat. Khadafi dikabarkan bersembunyi di bungker rahasia yang dijaga 40 pasukan Garda Amazon. Pasukan perempuan yang bersenjata lengkap. Sehari sebelumnya, pascaserangan ke gedung pemerintahan di kompleks kediaman Khadafi di Bab el-Aziziya,Tripoli, Khadafi bahkan sempat menggelar pidato yang ditayangkan di televisi. Khadafi yang tidak terlihat di publik sejak serangan udara pasukan koalisi diduga melarikan diri ke Sabha, sebuah kota gurun yang dihuni 130.000 orang yang semuanya sangat setia pada pemimpin Libya tersebut. 

9)      Pemimpin yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Libya dan Akademi Militer Benghazi itu dilaporkan dikawal pasukan khusus dari Chad, Nigeria, dan Eropa Timur, untuk memberikan perlindungan penuh kepadanya. Pasukan itulah yang setiap menit selalu menjaganya. Meski ada kabar bahwa Khadafi masih berada di Libya, beberapa negara Barat yakin dia akan keluar dari negaranya saat kekalahan di pihaknya tinggal hitungan hari. “Jika melarikan diri, Khadafi diduga akan menuju negara sahabatnya seperti Zimbabwe, di mana Robert Mugabe mengatakan bahwa dia akan menyambut pemimpin Libya tersebut.”

10)  Negara lain yang diduga menjadi tujuan Khadafi ialah Venezuela serta negara-negara Afrika seperti Chad dan Nigeria. Presiden Venezuela Hugo Chavez merupakan sahabat Khadafi yang saling memberi dukungan. “Dugaan inilah yang menjadi alasan mengapa pesawat tempur Barat membombardir sebuah bandara yang dekat dengan perbatasan di Libya.

11)  Bandara itu digunakan pesawat pribadi milik keluarga Khadafi dan akan menjadi cara ideal baginya untuk melarikan diri. Serangan itu menggunakan bom kendali laser dari pesawat tempur Prancis dan Inggris,” Khadafi sempat muncul dengan berbicara melalui telepon yang disiarkan televisi Libya sebelum serangan udara pasukan koalisi. 

12)  Dia sengaja tidak langsung muncul di kamera televisi karena hal itu dapat menunjukkan keberadaannya. “Dia diduga telah keluar dari Tripoli untuk menyelamatkan diri dari serangan bom pasukan tempur sekutu. Namun, sejumlah putra Khadafi masih berada di ibu kota untuk membantu logistik,”Putra-putra Khadafi yang masih di Libya ialah Khamis, 32, yang dikabarkan tewas di kompleks kediaman ayahnya. Kakak kandungnya, Saif al- Islam, 38, juga diduga masih berada di Tripoli. Sedangkan Saadi Khadafi, 37, merupakan mantan pemain sepak bola profesional di Malta dan Italia, kini memimpin pasukan khusus Libya.  Syarifudin Mutassim Gaddafi, 33, diduga memiliki posisi terkuat di antara empat saudara kandungnya karena memegang posisi Penasihat Keamanan Nasional Libya.

Pada data ke-5 terlihat proposisi tersebut sudah ada di bagian awal wacana. Begitu pula dengan proposisi ke-6. Proposisi ke-5 dan ke-6 di dalamnya tekandung informasi tentang putra Khadafi, Khamis yang tewas akibat bunuh diri pilot Libya. Dijelaskan kembali bahwa Khamis korban bunuh diri akibat pilot yang menjatuhkan pesawatnya mengakibatkan Khamis mengalami luka bakar sebelum tewas. Informasi tersebut dikategorikan informasi latar yang berhubungan dengan tewasnya Khamis.

Teks ke-7 terlihat proposisi tersebut sudah ada bagian awal pada teks ke-6. Mengandung informasi latar tentang menghembuskan nafas terakhir yang juga berhiponim dengan tewas. Begitu juga dengan informasi kegiatan dannkehidupan Khamis selama perang Libya, informasi tersebut merupakan informasi latar yang sudah diketahui sebagian orang tentang tugas Khamis tersebut.

Pada data ke-8, terdapat informasi latar dan baru. Informasi yang menjelaskan tentang kondisi Khadafi yang masih selamat hingga sekarang dan juga perlindungan Khadafi oleh 40 wanita bersenjata dari akademi militer yang didirikannya merupakan informasi latar yang memang sudah banyak diketahui oleh pembaca. Sedangkan informasi mengenai dugaan bahwa Khadafi melarikan diri ke Sabha, sebuah kota gurun yang dihuni 130.000 orang yang semuanya sangat setia padanya merupakan informasi baru.

Begitu juga pada data ke-9, penulis berita menjelaskan kembali pengawal-pengawal Khadafi yang berasal dari berbagai Negara. Hal ini sudah lazim sekali bahwa selama memerintah lebih kurang 42 tahun, Khadafi memiliki kedekatan dengan berbagai pemimpin Negara lain, jadi hal tersebut merupakan informasi latar. Penulis juga memberikan informasi baru mengenai prediksi Negara yang akan menampungnya adalah Zimbabwe. Meskipun ia memiliki kolega yang banyak, namun Zimbabwe dengan terang-terangan kesediaannya menampung kepala pemerintah Libya tersebut. Hal tersebut dilanjutkan pada data ke-10, informasi baru mengenai tempat-tempat  yang menjadi tujuan Khadafi setelah ia lengser nanti. Pada data ke-10 juga diinformasikan bahwa bandara di perbatasan Libya dibombardir oleh pesawat tempur barat yang merupakan informasi baru.

Selanjutnya dijelaskan kembali proposisis tentang penggunaan bandara yang digunakan Khadafi melarikan diri ke Negara tetangga dan serangan terhadap bandara tersebut merupakan informasi latar yang sebelumnya telah dijelaskan pada data ke-10. Namun, sebelum dilancarkannya serangan itu, Khadafi muncul dengan berbicara di telepon dan disiarkan di televise Libya merupakan informasi baru pada data ke-11, mengenai kondisi Khadafi sebelum diserang. Hal ini dikarenakan ia tidak mau memberitahukan keberdaannya kepada masyarakat agar ia tetap terjaga dari serangan tersebut. Hal ini merupakan informasi baru bagi pembaca yang belum mengetahui siasat dari Khadafi.

Pada data selanjutnya, ke-12. Dijelaskan lebih tegas lagi informasi latar mengenai mengapa Khadafi tidak muncul di televisi dan hanya suaranya saja yang disiarkan. Sudah dapat diperkirakan bahwa Khadafi sudah tidak berada di kediamannya di Tripoli untuk menyelamatkan dirinya. Namun, tidak disangka bahwa Khadafi melarikan diri tanpa beberapa putranya. Putra-putra masih bertahan di Tripoli untuk membantu logistik. Mereka adalah Khamis (32), Saif al- Islam (38), Saadi Khadafi (37), dan Syarifudin Mutassim Gaddafi. Hal tersebut merupakan informasi baru yang kemungkinan belum diketahui oleh pembaca.

Beberapa bentuk sintaksis yang biasanya mengungkapkan informasi latar dalam bahasa Inggris tredapat juga dalam wacana bahasa Indonesia yang mengandung unsur-unsur satuan-satuan leksikal yang disebutkan untuk kedua kalinya dengan ungkapan tentu (partikel the). Misalnya ketika pemaparaan berikut.

“Dugaan inilah yang menjadi alasan mengapa pesawat tempur Barat membombardir sebuah bandara yang dekat dengan perbatasan di Libya. Bandara itu digunakan pesawat pribadi milik keluarga Khadafi dan akan menjadi cara ideal baginya untuk melarikan diri.

Proposisi bandara dapat dikatakan sebagai unsur-unsur leksikal yang disebutkan untuk kedua kalinya. Penjelasan yang di cetak tebal merupakan informasi baru mengenai letak bandara yang dibombardir oleh pesawat tempur barat. Proposisi bandara pada kalimat selanjutnya merupakan leksikal yang dlam bahasa Inggris menggunakan partikel the.

Satuan-satuan leksikal yang berada dalam bidang semantis satuan leksikal yang disebut sebelumnya juga terdapat dalam tek tersebut, misalnya.

Khadafi dikabarkan bersembunyi di bungker rahasia yang dijaga 40 pasukan Garda Amazon. Pasukan perempuan tersebut bersenjata lengkap.

Proposisi Garda Amazon dan pasukan perempuan merupakan satuan-satuan leksikal yang dijelaskan sebelumnya. Garda Amazon merupakan nama atau sebutan dari pasukan perempuan milik Khadafi.

 

4.      Penutup

Struktur informasi terkait dengan upaya penutur (pembicara atau penulis) mengatur, menempatkan, dan menyajikan informasi berdasarkan pola-pola tertentu. Pengaturan informasi berhubungan dengan bagaimana informasi latar dan baru disampaikan. Informasi baru merupakan informasi yang ada dalam proposisi dan diduga belum atau tidak diketahui oleh kawan atau lawan bicara karena tidak ada penyebutan sebelumnya di dalam wacana ataupun ketiadaan konteks yang berhubungan dengan wacana itu. Informasi latar merupakan informasi yang diperkirakan sudah diketahui oleh kawan bicara berdasarkan konteks yang ada atau karena informasi tersebut memang sudah ada rujukannya di dalam wacana.

Status informasi ditentukan tidak oleh struktur wacana tetapi oleh penutur. Tidak ada juga kaidah-kaidah untuk menentukan status informasi baru dan latar bagi penutur. Namun, ada keteraturan-keteraturan dan juga penekanan intonasi 

 

Daftar Pustaka

Agus, Saefullah. 2010. Wacana. http://www.scribd.com/doc/40515927/wacana.  Diunduh 27 Maret 2011.

Brown dan Yule. 1996. Analisis Wacana (terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Lubis, A. Hamid Hasan. 1993. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung:Angkasa.

Mulyawan, I Wayan. 2011. Struktur Wacana Iklan Media Cetak Kajian Struktur Van Djik.  Jurnal. http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/4%20i%20wyn%20mulyawan%20edited-revision.pdf.  Diunduh 20 Maret 2011.

2011.  “Putra Khadafi Dikabarkan Tewas”.  http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/388719/. Diunduh 16 Maret 2011.

 

 Lampiran

Putra Khadafi Dikabarkan Tewas

 


TRIPOLI – Salah satu putra Pemimpin Libya Muammar Khadafi, Khamis kemarin dikabarkan tewas saat serangan udara di ibu kota Tripoli. Menurut surat kabar Arab, putra keenam Khadafi itu tewas saat seorang pilot Libya bunuh diri menabrakkan pesawatnya ke Kompleks Bab el-Aziziya yang juga kediaman Khadafi.

Namun, laporan itu disangkal Pemerintah Libya. Sejumlah pemberitaan lain menyebut kabar tewasnya Khamis merupakan bagian dari propaganda pasukan pemberontak. “Khamis tewas akibat luka bakar yang dialaminya setelah dibawa ke sebuah rumah sakit di Tripoli,” tulis laman Arabian Business News kemarin. Anak keenam Khadafi itu dilaporkan tewas pada Sabtu malam pekan lalu. Berita kematiannya baru diperoleh hari ini. Insiden bunuh diri terjadi pada Selasa, 15 Maret 2011. 

Pilot pesawat itu menolak untuk menyerang warga sipil dan melakukan aksi bunuh diri dengan menyerang pasukan Khamis. Setelah penyerangan tersebut, Khamis yang mengalami luka bakar parah langsung dilarikan ke rumah sakit di Tripoli. Namun, upaya pertolongan gagal. Pada Sabtu (15/3), Khamis menghembuskan nafas terakhirnya. Khamis diketahui jebolan Akademi Militer Tripoli dan Akademi Militer Frunze, Moskow, Rusia. Selama krisis berlangsung, Khamis diketahui sebagai panglima Brigade Ke-32 yang bertugas menggempur demonstran di Libya. Kesatuan beranggotakan 1.000 orang yang dinamakan Brigade Khamis inilah yang dianggap bertanggung jawab atas kematian puluhan warga sipil pada gempuran terhadap pemberontak di berbagai kota dinegara tersebut. 

Sementara itu, serangan intensif yang dilakukan pasukan sekutu ke kediaman Khadafi di Tripoli juga belum berhasil melumpuhkan Khadafi. Hingga kemarin pemimpin yang mengendalikan tampuk kekuasaan Libya setelah menggulingkan Raja Idris melalui Revolusi Al Fatah pada 1969 itu dikabarkan masih selamat. Khadafi dikabarkan bersembunyi di bungker rahasia yang dijaga 40 pasukan Garda Amazon. Pasukan perempuan tersebut bersenjata lengkap. Sehari sebelumnya, pascaserangan ke gedung pemerintahan di kompleks kediaman Khadafi di Bab el-Aziziya,Tripoli, Khadafi bahkan sempat menggelar pidato yang ditayangkan di televisi. Khadafi yang tidak terlihat di publik sejak serangan udara pasukan koalisi diduga melarikan diri ke Sabha, sebuah kota gurun yang dihuni 130.000 orang yang semuanya sangat setia pada pemimpin Libya tersebut. 

Pemimpin yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Libya dan Akademi Militer Benghazi itu dilaporkan dikawal pasukan khusus dari Chad, Nigeria, dan Eropa Timur, untuk memberikan perlindungan penuh kepadanya. Pasukan itulah yang setiap menit selalu menjaganya. Meski ada kabar bahwa Khadafi masih berada di Libya, beberapa negara Barat yakin dia akan keluar dari negaranya saat kekalahan di pihaknya tinggal hitungan hari. “Jika melarikan diri, Khadafi diduga akan menuju negara sahabatnya seperti Zimbabwe,di mana Robert Mugabe mengatakan bahwa dia akan menyambut pemimpin Libya tersebut,”

Negara lain yang diduga menjadi tujuan Khadafi ialah Venezuela serta negara-negara Afrika seperti Chad dan Nigeria. Presiden Venezuela Hugo Chavez merupakan sahabat Khadafi yang saling memberi dukungan. “Dugaan inilah yang menjadi alasan mengapa pesawat tempur Barat membombardir sebuah bandara yang dekat dengan perbatasan di Libya. Bandara itu digunakan pesawat pribadi milik keluarga Khadafi dan akan menjadi cara ideal baginya untuk melarikan diri. Serangan itu menggunakan bom kendali laser dari pesawat tempur Prancis dan Inggris,” papar mirror.co.uk. Khadafi sempat muncul dengan berbicara melalui telepon yang disiarkan televisi Libya sebelum serangan udara pasukan koalisi. 

Dia sengaja tidak langsung muncul di kamera televisi karena hal itu dapat menunjukkan keberadaannya. “Dia diduga telah keluar dari Tripoli untuk menyelamatkan diri dari serangan bom pasukan tempur sekutu. Namun, sejumlah putra Khadafi masih berada di ibu kota untuk membantu logistik,” Putra-putra Khadafi yang masih di Libya ialah Khamis, 32, yang dikabarkan tewas di kompleks kediaman ayahnya. Kakak kandungnya, Saif al- Islam, 38, juga diduga masih berada di Tripoli. Sedangkan Saadi Khadafi, 37, merupakan mantan pemain sepak bola profesional di Malta dan Italia, kini memimpin pasukan khusus Libya.  Syarifudin Mutassim Gaddafi, 33, diduga memiliki posisi terkuat di antara empat saudara kandungnya karena memegang posisi Penasihat Keamanan Nasional Libya.   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s